This post is also available in:
English
简体中文 (Chinese (Simplified))
Panduan Lengkap untuk Memulai Bisnis di Indonesia 2025
Prosedur dan Proses yang saling bersangkut paut untuk Mendirikan Perusahan di Indonesia
Memulai bisnis di Indonesia tidak sesulit yang orang pikirkan. Panduan untuk memulai bisnis di Indonesia ini akan menjelaskan informasi penting yang Anda perlukan agar dapat membantu Anda mengambil keputusan tepat bagi bisnis Indonesia Anda.
Mengapa Indonesia?
Mengapa tidak memulai bisnis di Indonesia? Perekonomian di Indonesia terus tumbuh setiap tahunnya, itu menjadikannya tempat yang bagus untuk memulai bisnis. Indonesia menjadi rumah dari total 18.307 pulau dan memiliki populasi terbesar keempat di dunia, Indonesia adalah negara kepulauan yang berlimpah. Dimulai dari emas, batu bara, nikel, tembaga, timah, gas alam. Sumber daya alam di negara ini benar-benar banyak. Belum lagi sumber mineral dan minyak bumi yang tersedia.
Faktor-faktor yang Bisa Dipertimbangkan
Sebelum Anda memulai proses pendirian perusahaan di Indonesia, ada beberapa faktor penting yang harus Anda pertimbangkan:
- Lakukan Penelitian – Apakah jenis aktivitas bisnis Anda akan cocok di negara ini?
- Pahami Pelanggan Potensial – Siapa mereka dan apa yang mereka perlukan.
- Ikuti prosedur yang Benar – Memulai sesuatu di negara asing akan selalu menjadi hal yang menantang. Meminta bantuan dari konsultan berpengalaman seperti 3E Accounting dapat mempermudah prosesnya.
- Daftarkan Bisnis Anda – Anda harus mendaftarkan bisnis Anda pada otoritas terkait. beliefs is crucial.
- Agama, Adat, dan Kepercayaan Lokal – Indonesia adalah rumah bagi berbagai agama, adat, dan kepercayaan. Dimulai dari Katolik, Budha, Hindu, dan Islam, pemahaman dan penghormatan terhadap kepercayaan lokal sangatlah penting.
Indonesia baru-baru ini menerapkan beberapa perubahan. Salah satu perbedaan yang paling menonjol adalah kebijakan bisnis yang lebih ramah. Sekarang, hal yang masih perlu diperbaiki adalah iklim investasi. Memulai bisnis di Indonesia kini menjadi jauh lebih mudah.
Mendaftarkan perusahaan di Indonesia biasanya memerlukan waktu dua bulan sebelum semua prosesnya selesai. Kini bisnis Indonesia Anda sudah bisa berjalan dalam kurun waktu satu sampai satu setengah bulan. Sejak Mei 2019, Surat Keterangan Perusahaan Domisili (SKDP) untuk bisnis di Jakarta juga sudah tidak lagi diperlukan. Indonesia Shelf Companies dengan mudah dapat didaftarkan dalam kurun waktu satu minggu, jika Anda memerlukan solusi cepat.
Investor asing kini juga memiliki opsi investor KITAS. Ini berlaku jika investor ingin mengambil peran direktur, pemegang saham atau komisaris. Anda juga bisa langsung bekerja dan akan mendapatkan pembebasan biaya izin kerja atau Dana Pengembangan Keahlian dan Keterampilan (DPKK), proses pengisian aplikasinya pun cukup mudah. Investor juga bisa langsung mengajukan KITAS untuk dua tahun. Ini bisa membuat mereka keluar-masuk negara dalam beberapa periode tertentu. Untuk bisa melakukan hal ini, Anda harus melakukan investasi minimal 1 miliar rupiah. Ini akan menjadi investor saham, sementara untuk penyertaan modal perusahaan, memerlukan dana lebih dari 10 miliar agar syaratnya terpenuhi.
Langkah-langkah untuk Memulai Bisnis Baru
Langkah pertama untuk memulai bisnis di Indonesia adalah memilih struktur perusahaan yang paling cocok untuk Anda. Pilihan yang tersedia antara lain:
- Perseroan Terbatas Asing (PT PMA)
- Perseroan Terbatas (PT)
- Kantor Perwakilan
PT PMA adalah pilihan bagi investor asing di Indonesia. Struktur ini juga memperbolehkan 100 persen kepemilikan asing. Anda juga bisa mempekerjakan karyawan asing. Untuk membentuk sebuah PMA, Anda harus melakukan langkah-langkah berikut ini:
- Memiliki satu direktur (setidaknya) dan satu orang komisaris. Salah satunya harus orang Indonesia. Anda juga memerlukan dua pemegang saham (mereka dapat berupa individu atau perusahaan lokal atau asing, atau kombinasi keduanya)
- Investasi sebesar 10 miliar. Modal disetor setidaknya 25 persen dari total modal yang diperlukanInvestasi sebesar 10 miliar. Modal disetor setidaknya 25 persen dari total modal yang diperlukan
- Alamat kantor setempat untuk mendapatkan surat domisili Anda. Alamat tempat tinggal tidak diperbolehkan.
Pendaftaran Perusahaan di Indonesia harus dilakukan secara online melalui sistem OSS. Dari sana, Anda akan mendapatkan NIB (Nomor Induk Berusaha) dan lisensi lain yang mungkin Anda perlukan. Anda juga perlu mengikuti langkah-langkah berikut:
- Dapatkan persetujuan untuk nama perusahaan Anda
- Dapatkan Akta Pendirian Anda (termasuk Anggaran Dasar) Notaris harus hadir.
- Dapatkan persetujuan dari Badan Hukum. Persetujuan akan diberikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
- Daftarkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Anda. Ini diperlukan untuk mengamankan izin usaha, memenuhi kewajiban pajak dan melakukan aktivitas perbankan
- Dapatkan surat domisili yang mengidentifikasi lokasi bisnis Anda
- Dapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB), lisensi bisnis dan izin lokal yang diperlukan
- Daftarkan lisensi lain yang mungkin Anda perlukan
- Dapatkan izin kerja Anda
- Buka rekening tabungan Anda
Sebelum Anda Tiba di Indonesia
Anda perlu mengamankan izin kerja yang diperlukan sebelum datang. Setelah berada di Indonesia, Anda bisa memulai proses untuk membuka rekening tabungan untuk perusahaan Indonesia Anda. Agen berpengalaman seperti 3E Accounting bisa menyederhanakan proses ini dan membuat semuanya menjadi lebih mudah bagi Anda.
Ada beberapa perubahan potensial yang akan segera terjadi di Indonesia, salah satu perubahan tersebut adalah Daftar Investasi Positif. Tujuan dari daftar ini adalah untuk mendorong lebih banyak investasi oleh pihak asing. Ini ditujukan untuk sektor-sektor yang telah ditutup seluruhnya atau sebagian dalam Daftar Negatif Investasi. Di antara sektor-sektor yang diusulkan dalam Daftar Positif adalah sektor gasifikasi batubara, otomotif, elektronik, substitusi impor dan sektor yang berorientasi ekspor.
Perubahan kedua adalah Omnibus Law, yang akan mengamandemen ribuan undang-undang di Indonesia. Ini termasuk undang-undang yang berkaitan dengan masalah ketenagakerjaan dan perpajakan. Tujuannya adalah agar tidak terlalu rumit bagi investor.
Menyiapkan Lokasi Kantor Anda
Setelah memutuskan bahwa Indonesia merupakan lokasi yang tepat, Anda tentu memerlukan sebuah kantor. Lokasi kantor juga menjadi syarat untuk mendapatkan surat domisili. Selain pilihan ruang kantor tradisional, ada solusi lain yang tersedia. Saat memulai bisnis di Indonesia, mengapa tidak mempertimbangkan kantor virtual juga? Kantor virtual masih memungkinkan Anda untuk mendapatkan alamat terdaftar dan mendapatkan surat domisili Anda. Satu-satunya perbedaan adalah, Anda tidak perlu menyewa ruang kantor fisik, yang membuatnya jauh lebih murah.
3E Accounting memiliki berbagai solusi kantor virtual. Logo perusahaan Anda juga akan tetap terpampang di depan pintu masuk. Rekanan 3E Accounting juga akan berada di sana untuk menangani semua surel dan telepon masuk yang Anda terima atas nama bisnis Anda.
Siap untuk Mendirikan Perusahaan?
Investor di berbagai belahan dunia kini mulai melihat Indonesia untuk memulai usaha bisnis baru mereka. Anda juga harus melakukannya. Untuk informasi lebih lanjut soal layanan pendirian perusahaan kami, hubungi tim kami sekarang.