This post is also available in: English 简体中文 (Chinese (Simplified))

Pahami Persyaratan Pengaturan Yurisdiksi Sebelum Melanjutkan Pendirian Perusahaan di India

Pendirian Perusahaan di IndiaIndia sekarang menawarkan kesempatan bagi investor asing yang memiliki kekuatan finansial untuk berinvestasi dalam bisnis apapun asalkan itu legal. Pendirian perusahaan di India dengan jelas menunjukkan bagaimana prosesnya telah berubah dari waktu ke waktu. Anda sekarang dapat mendaftar secara online melalui Kementerian Urusan Perusahaan di bawah panduan pengaturan. Dengan dibukanya perusahaan konsultan di luar sana, 3E Accounting Indonesia, penyedia layanan solusi bisnis terkemuka di Asia Tenggara akan menawarkan bantuan yang anda butuhkan dalam hal pendaftaran perusahaan. Selain itu, anda akan mendapatkan layanan lain sebagai berikut:

  • Layanan Sumber Daya Manusia (SDM)
  • Perpajakan dan jasa hukum
  • Akuntansi dan sekretaris perusahaan
  • Perpanjangan izin usaha
  • Jasa audit

Anda hanya perlu menghubungi kami pada waktu tertentu dan mencari layanan yang anda butuhkan.

 

Dokumen untuk Mendirikan Perusahaan di India

Undang-Undang Perusahaan di India mengharuskan setiap direktur terlebih dahulu mendapatkan nomor identifikasi. Untuk itu, mereka perlu mengisi eForm (DIN-1) dengan Kementerian Urusan Perusahaan. Jika anda mendaftar melalui proses online, anda harus terlebih dahulu mengikuti empat langkah utama:

  • Pencapaian Sertifikat Tanda Tangan Digital
  • Penerapan Nomor Identifikasi Direktur
  • Pengisian eForm atau Pendaftaran pengguna baru
  • legitimasi perusahaan.

Validitas dokumen undang-undang anda hanya mungkin saat mereka memiliki tanda tangan digital sebelum mengirimkannya secara elektronik. Sekarang, ini adalah persyaratan legislatif untuk mendapatkan tanda tangan digital hanya dari lembaga-lembaga yang ditetapkan oleh Controller of Certification Agencies (CCA), kegagalan untuk itu seluruh proses bisa menjadi tidak valid.

Setelah anda mendapatkan tanda tangan digital, proses selanjutnya  adalah pembuatan akun di bawah portal Kementerian Urusan Perusahaan. Akun tersebut akan memungkinkan anda untuk mengajukan eForm yang gratis.

Memiliki nama perusahaan merupakan bagian dari syarat pendaftaran yang harus anda penuhi. Oleh karena itu, anda harus mendaftarkan nama bisnis anda ke Kementerian Urusan Perusahaan. Ingat, anda harus menemukan empat opsi berbeda untuk dipilih. Aplikasi nama akan meminta anda untuk mengisi Formulir-1A, Formulir-18 untuk menentukan kantor terdaftar yang baru dan Formulir-32 untuk memberitahukan penunjukan direktur, sekretaris perusahaan dan manajer baru.

Sekarang, untuk Formulir-1A anda harus mendaftar ke Register of Companies  (ROC) untuk mendirikan Kantor Terdaftar perusahaan baru. Anda hanya akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rs. 500.

 

Mendaftarkan Perseroan Terbatas Swasta

Untuk mendaftarkan Perusahaan Terbatas Swasta untuk melakukan bisnis di India, anda harus memiliki beberapa persyaratan berikut:

  • Minimal dua pemegang saham dan dua direktur.
  • Modal disetor minimal Rs. 100.000.
  • Setidaknya satu partner yang dicalonkan harus berdomisili di India.
  • Nomor Pengenal Pribadi Direktur untuk masing-masing direktur.

Selama proses tersebut, anda akan dikenakan beberapa biaya tambahan untuk kepatuhan ROC yang mungkin berkisar antara Rs. 5.000 hingga Rs. 10.000 per tahun.

Sebagai catatan, proses mendapatkan akta pendirian biasanya memakan waktu 15-25 hari kerja sejak anda menyerahkan dokumen aplikasi anda. Ingat, untuk proses pendaftaran yang lebih lancar, anda harus memastikan semua dokumen anda rapi.

Proses pasca-pendaftaran berlanjut ke pendaftaran kepatuhan pajak. Jika anda berkecimpung dalam bisnis ekspor, anda harus menunjukkan dokumen anda kepada Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri untuk mendapatkan kode impor/ekspor anda. Selain kepatuhan pajak, pendirian perusahaan di India di bawah Undang-Undang Perusahaan mengharuskan setiap perusahaan mendaftar untuk kartu TAN dan nomor rekening permanen dengan Departemen Pajak Penghasilan India. Jika anda merasa bahwa proses ini mungkin menghabiskan banyak waktu anda, anda dapat mencari layanan 3E Accounting dan kami akan membawa anda melalui seluruh proses.

Jika anda memutuskan untuk mendirikan perusahaan di India, anda juga harus mendaftar untuk izin usaha di kotamadya setempat. Izin usaha bersama dengan sertifikat pendirian akan memungkinkan anda untuk membuka rekening bank perusahaan untuk tujuan kewajiban keuangan.

Hubungi kami hari ini dan dapatkan layanan gratis dari staf berkualifikasi tinggi dan nikmati perjalanan kewirausahaan anda.

Pendirian Perusahaan di India