This post is also available in:
English
简体中文 (Chinese (Simplified))
Merancang Kontrak Kerja Indonesia dengan Cara yang Benar
Berencana untuk membuka usaha sendiri, tetapi tidak tahu bagaimana mempersiapkan kontrak kerja di Indonesia? Indonesia adalah tanah yang luas, penuh dengan banyak peluang untuk bisnis. Dengan lebih dari 267 juta konsumen, Indonesia telah membuktikan dirinya memiliki potensi ekonomi yang berharga. Sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk memulai usaha bisnis Anda. Tapi pertama-tama, pelajari seni membuat kontrak kerja di Indonesia.
Apa itu Kontrak Kerja?
Mengembangkan kontrak kerja yang ditulis dengan baik adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan ketika menyangkut karyawan dalam menjalankan bisnis. Kontrak kerja adalah dokumen hukum yang menyatakan kewajiban timbal balik antara majikan dan karyawan dan menjaga kedua belah pihak tetap terkendali. Perjanjian, yang biasanya ditandatangani setelah surat penawaran pekerjaan, menetapkan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan sebelumnya yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.
Apakah Kontrak Kerja Penting?
Ya, kontrak kerja sangat penting. Kontrak kerja adalah dokumen substansial yang dihasilkan untuk meletakkan aturan dasar yang tegas antara pemberi kerja dan karyawan. Segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan dibahas dalam kontrak kerja. Hal ini juga mengikat pihak-pihak yang terlibat untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Jika satu pihak atau pihak lain melanggar kontrak, mereka akan dimintai pertanggungjawaban oleh hukum dan dapat menghadapi hukuman yang berat. Hal ini mengurangi tanggung jawab, risiko, dan mengurangi pelanggaran dari pemogokan dalam bisnis. Singkatnya, memiliki kontrak kerja melindungi bisnis Anda dengan membuktikan keamanan. Oleh karena itu, penyusunan kontrak kerja di Indonesia menjadi penting.
Apa yang Harus Saya Sertakan dalam Kontrak Kerja saya?
Kontrak kerja Anda harus memuat aturan dasar yang telah ditentukan sebelumnya dan disetujui oleh kedua belah pihak. Saat menyusun kontrak kerja di Indonesia, periksa kembali untuk menyertakan:
- Nama lengkap majikan dan karyawan
- Posisi
- Lingkup pekerjaan
- Tanggal dimulainya
- Remunerasi
- Lembur
- Jam kerja
- Kebijakan liburan
- Lokasi kerja
- Ijin sakit
- Jangka waktu pemberitahuan sebelum pengunduran diri
Apa yang dimaksud dengan Kontrak Kerja di Indonesia?
Hal pertama yang harus diketahui tentang pembuatan kontrak kerja di Indonesia adalah masa kerja mereka yang tetap dan tidak terbatas. Perusahaan Anda akan memilih ke salah satu, tergantung pada beberapa hal seperti durasi kerja dan masa percobaan. Pekerjaan tetap adalah kontrak kerja sementara yang harus mensyaratkan kontrak kerja tertulis, tidak termasuk masa percobaan, dan tidak boleh lebih dari dua tahun. Namun, dalam keadaan demikian, perpanjangan kontrak hingga satu tahun diperbolehkan. Anda juga diminta untuk mempersiapkan kontrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Di sisi lain, jangka waktu kerja tidak terbatas adalah jenis kontrak kerja permanen, yang biasanya mencakup masa percobaan tiga bulan. Jangka waktu tidak tertentu dilakukan dengan kesepakatan lisan, diikuti dengan surat penawaran. Pemutusan kontrak jenis ini juga jauh lebih rumit daripada kontrak tetap.
Langkah terakhir adalah berkonsultasi dengan 3E Accounting. Menyusun kontrak kerja melibatkan banyak penelitian. Kami dapat membantu Anda dengan itu. Tim kami terdiri dari para profesional bisnis terbaik untuk membantu Anda dalam menyusun kontrak kerja di Indonesia. Anda dapat menenangkan kekhawatiran Anda; perusahaan kami akan menyiapkan kontrak kerja Anda agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Hubungi kami sekarang untuk mulai menyusun Kontrak Kerja Indonesia Anda hari ini!