This post is also available in:
English
简体中文 (Chinese (Simplified))
Dirikan Perusahaan Indonesia Anda dalam 3 Langkah Sederhana
Langkah 2
Bagikan dokumen KYC Anda dengan 3E Accounting untuk verifikasi.
Langkah 3
Setelah KYC Anda disetujui, kami akan menerbitkan faktur pembayaran.
Panduan Komprehensif Bagi Anda yang Ingin Mengetahui Tentang Memulai Bisnis
Tidak ada waktu yang lebih baik bagi suatu perusahaan yang didirikan dengan Layanan Pendirian Perusahaan Indonesia dari 3E Accounting. Panduan ini akan memberi tahu apa yang perlu anda ketahui tentang memulainya. Permintaan akan layanan Pendirian Perusahaan Indonesia untuk mendirikan perusahaan di Indonesia terus meningkat. Kami di 3E Accounting, konsultan pendirian perusahaan terbaik di Indonesia, memahami mengapa Indonesia sangat menarik banyak minat perusahaan untuk mendirikan bisnis di Indonesia dan kami ingin berbagi keahlian kami dalam pendirian perusahaan dengan anda tentang Layanan Pendaftaran Perusahaan di Indonesia dan langkah-langkah untuk layanan pendirian perusahaan di Indonesia. Sebagai penyedia utama layanan pendirian perusahaan Indonesia, kami berada di posisi yang unik untuk menawarkan berbagai layanan lengkap dengan harga yang paling menarik dan membantu anda untuk mendirikan perusahaan di Indonesia.
Jaringan Internasional 3E Accounting
One Stop Solution untuk Bisnis Anda
Dengan berdiri lebih dari 10 tahun, 3E telah membangun kehadiran internasional yang kuat di seluruh dunia melalui jaringan akuntansi terbesar di Asia yang mencakup 110 negara di seluruh dunia.
Sebagai negara birokrasi, semua investasi asing diatur dan diawasi oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). BKPM juga dikenal sebagai Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia.
Jika anda mendirikan perusahaan Indonesia, itu akan didasarkan pada Undang-Undang Perusahaan Indonesia No. 40 Tahun 2007.
Investor asing memerlukan visa bisnis untuk bekerja dan tinggal di Indonesia. Konsultan 3E Accounting dapat membantu dengan aplikasi visa bisnis jika diperlukan.
Memilih Unit Pengaturan Perusahaan Anda
Pembukaan perusahaan Indonesia memberi investor 2 pilihan untuk dipilih
- Perusahaan lokal (PT)
- Perusahaan Milik Asing (PT PMA)
Perusahaan lokal (PT) di Indonesia hanya mengizinkan 100% kepemilikan lokal. Ini berarti bahwa Perusahaan harus dimiliki 100% oleh penduduk lokal jika anda memilih unit ini. Jika anda berencana untuk memiliki investor asing ke depannya, disarankan untuk memilih Perusahaan Milik Asing (PT PMA) sejak awal untuk menghindari pengeluaran biaya tambahan dengan melibatkan Notaris untuk mengubah/mengganti status perusahaan anda dan izin usaha yang sudah ada.
Untuk Perusahaan Milik Asing (PT PMA), jumlah maksimum kepemilikan akan ditentukan oleh aktivitas bisnis anda dan sektor yang anda geluti. Ada batasan tertentu di mana beberapa sektor dibatasi untuk orang asing. Sektor-sektor yang dibatasi dapat ditemukan di Daftar Negatif Investasi Indonesia.
Daftar Negatif Investasi Indonesia (DNI) ada untuk melindungi perekonomian negara dan perusahaan-perusahaan lokal. Jika anda mendirikan PMA dengan 100% kepemilikan asing tetapi bisnis anda terdaftar di bawah DNI, anda perlu mengatur ulang komposisi pemegang saham anda berdasarkan persentase persyaratan yang disebutkan dalam DNI dengan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (“RUPS”) untuk mendapatkan persetujuan pemegang saham.
Biaya Paket untuk Pendirian Perusahaan Indonesia / Pendirian Anak Perusahaan Indonesia / PT PMA / Perusahaan Lokal (PT)
Paket | Biaya Pendirian Perusahaan Lokal (Rp) | Biaya Pendirian Perusahaan PMA |
Layanan Pendirian Perusahaan | Rp. 1 juta | Rp. 2 juta |
Layanan Sekretaris Perusahaan | Gratis 1 tahun | Gratis 1 tahun |
Pembukaan Rekening Bank Indonesia | Gratis untuk pembukaan rekening pertama | Gratis untuk pembukaan rekening pertama |
@ Untuk klien yang menggunakan Layanan Direktur Residen Lokal kami, anda harus berlangganan Layanan Alamat Terdaftar Tahunan kami dan Layanan Pembukuan 12 bulan dengan penyerahan laporan SPT Masa (hingga 50 item per bulan).
Biaya NPWP, NIB, EFIN, dan notaris kami bervariasi sesuai dengan kompleksitas setiap kasus, jadi silakan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih rinci. Kami menangani seluruh proses pembentukan perusahaan, termasuk pengesahan dan penyelesaian akta pendirian, pengajuan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), penyiapan dan pengajuan dokumen perizinan melalui portal OSS (biaya OSS tambahan mungkin berlaku), pengajuan deklarasi pemilik manfaat, perolehan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak Elektronik (EFIN), pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NIB) dan masih banyak lagi.
Anda dapat memilih untuk menggunakan alamat Anda sendiri di Jakarta sebagai kantor terdaftar, atau menggunakan alamat Terdaftar kami dengan biaya Rp 17 juta selama 12 bulan. Biaya tambahan Rp 10 juta berlaku untuk alamat kantor terdaftar yang tidak berada di wilayah Jakarta.
Jika Anda warga negara asing dan tidak memiliki direktur tetap di Indonesia, Anda dapat menggunakan layanan direktur tetap lokal kami dengan biaya Rp25 juta per tahun (Kami juga akan memungut uang jaminan yang dapat dikembalikan sebesar Rp25 juta dari Anda untuk penyediaan Layanan Direktur Tetap Lokal kami. Uang jaminan tersebut dapat dikembalikan setelah Layanan Direktur Tetap Lokal kami berakhir). Sangat penting bagi perusahaan Indonesia untuk memiliki direktur tetap karena persyaratan hukum atau hanya untuk kenyamanan dan kepraktisan operasi bisnis. Undang-undang Indonesia menetapkan bahwa perusahaan di Indonesia memerlukan setidaknya satu direktur, satu komisaris, dan dua pemegang saham.
* FUntuk pembentukan perusahaan Indonesia dengan pemegang saham perusahaan (misalnya anak perusahaan), akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 1 juta per pemegang saham perusahaan. Untuk perusahaan Indonesia yang didirikan dengan direktur, pemegang saham, pemilik manfaat, pengendali yang dapat didaftarkan dan nominator calon direktur lebih dari 3 orang atau badan, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 1 juta per orang atau badan. Mohon diingat bahwa tidak ada layanan yang tersedia untuk mendirikan perusahaan pada tanggal tertentu. Jika kami menerima permintaan tersebut, kami akan berusaha sebaik mungkin untuk memenuhinya atas dasar itikad baik. Namun, kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang terjadi sebagai akibat dari pendirian perusahaan dengan tanggal pendirian yang berbeda. Layanan ini meliputi domisili, NPWP, OSS (NIB). Biaya aktivasi lisensi terpisah bisa berlaku dan biayanya bervariasi, mulai dari Rp 2 juta – Rp 10 juta, tergantung pada sifat bisnis perusahaan.
** Untuk perusahaan PMA, hal ini mungkin terjadi ketika direksi dan komisarisnya adalah orang asing. Namun, untuk kepraktisan operasi bisnis, disarankan agar perusahaan juga menunjuk direktur residen setempat. Dalam hal tidak ada direktur lokal dan jika direktur asing tidak memiliki izin kerja dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), operasi bisnis di Indonesia termasuk penandatanganan dokumen seperti pembukaan rekening bank, pendaftaran sistem pelaporan pajak elektronik (“EFIn”), dll , akan dibatasi.
Sebagaimana disyaratkan oleh hukum Indonesia, anda diwajibkan untuk menggunakan layanan alamat terdaftar dari Kantor Berlayanan di Indonesia untuk mendirikan perusahaan di Indonesia. Beri tahu kami jika anda ingin kami memperkenalkan dengan salah satu kantor di Jakarta jika Anda tidak memiliki kantor berlayanan yang diinginkan. Biayanya bervariasi mulai dari Rp 7 juta/tahun – Rp 11 juta/tahun berdasarkan paket kantor berlayanan terpilih.
3E Accounting memahami bahwa anda ingin segera mendaftarkan perusahaan anda di Indonesia. Kami cukup kecil untuk dengan gesit menanggapi semua kebutuhan anda untuk pendirian bisnis di Indonesia, namun cukup besar untuk menyediakan semua layanan yang dibutuhkan perusahaan baru. Jangan sampai terlewatkan peluang bisnis penting karena peraturan yang berlebihan untuk mendirikan perusahaan di Indonesia! Percayakan 3E Accounting untuk mendukung peluncuran cepat perusahaan anda dengan paket layanan unik yang tidak tersedia di tempat lain di Indonesia. 3E Accounting menawarkan paket pendirian perusahaan terlengkap yang meliputi:
- GRATIS pengecekan nama perusahaan dan reservasi (pengecekan nama perusahaan tanpa batas)
- GRATIS Akta Pendirian standard
- GRATIS stempel digital perusahaan
- GRATIS resolusi untuk membuka rekening bank perusahaan.
- GRATIS 1 tahun layanan sekretaris perusahaan yang termasuk:
-
- menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk Rapat Umum Tahunan dan Laporan Tahunan Direksi
- berperan sebagai koordinator untuk berhubungan dengan pemerintah Indonesia
- memelihara Risalah dan Buku Daftar
- berhubungan dengan auditor anda untuk audit undang-undang tahunan tentang catatan kesekretariatan
- memberi saran tentang hal-hal yang berkaitan dengan kesekretariatan / undang-undang / kepatuhan / akuntansi / pajak
- memantau dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan pemerintah yang relevan dan persyaratan hukum (Klien akan menerima peringatan kepatuhan rutin melalui email seperti pengingat Izin Usaha Perusahaan).
- GRATIS pengenalan bank dan layanan pembukaan rekening di Indonesia
- GRATIS konsultasi tentang persyaratan kepatuhan
- GRATIS perencanaan pajak dan saran PPN (Pajak Pertambahan Nilai)
- GRATIS pemantauan tenggat waktu pengajuan selama satu tahun oleh Pejabat Kepatuhan kami melalui email
- GRATIS Jasa konsultasi pendirian perusahaan Indonesia
- GRATIS penyiapan email G Suite untuk dua pengguna (tidak termasuk Biaya Berlangganan Google G Suite)
- GRATIS tahun pertama pendaftaran nama domain “.com” (setelah pendirian, kirimkan permintaan anda ke: [email protected] untuk pendaftaran
- GRATIS Software Akuntansi Berbasis Cloud (Didukung oleh AI Account)
- GRATIS Perangkat Lunak Manajemen SDM Berbasis Cloud (Didukung oleh AI HRMS)
- Mempersiapkan risalah rapat umum tahunan pertama
- Tambahan layanan direktur residen lokal selama 12 bulan dengan harga Rp 25 juta per tahun. Untuk detail paket, silakan klik Layanan Direktur Residen Lokal.
- Tambah layanan alamat terdaftar 12 bulan dengan harga Rp 17 juta per tahun. Untuk detail paket, silakan klik Layanan Alamat Terdaftar.
Informasi yang Dibutuhkan
Untuk mendirikan sebuah perusahaan, informasi berikut harus diserahkan kepada kami melalui pengisian Formulir Incorporation Online. Atau, anda dapat mengirim email kepada kami informasi berikut di [email protected]
Perbedaan Pendirian PT PMA dan PT Lokal di Indonesia
- PT PMA memiliki persyaratan minimum modal dasar dan modal disetor;
- Persentase struktur pemegang saham PT PMA tergantung pada DNI;
- PT PMA diatur dan diawasi oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal)
- PMA wajib menyampaikan laporan investasi triwulanan kepada BKPM.
Keuntungan Pembentukan Perusahaan PT PMA
PT PMA memungkinkan Anda memiliki 100% perusahaan sebagai orang asing. Tergantung pada industri bisnis anda, kepemilikannya bisa mulai dari 0% hingga 100%. Anda akan membutuhkan minimal 2 pemegang saham untuk mendirikan entitas ini.
Sistem Online Single Submission (OSS) diawasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko). Hal ini sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Perizinan. Semua persyaratan lisensi Anda harus dilakukan melalui OSS.
Lisensi diproses lebih cepat dari sebelumnya melalui sistem ini. Jika anda terlibat dalam industri tertentu seperti hotel dan restoran, anda akan memerlukan lisensi khusus untuk beroperasi.
Investor asing memilih PT PMA sebagai pilihan mereka untuk pendirian perusahaan Indonesia karena beberapa alasan:
- Anda bisa segera memulai bisnis anda.
- Anda akan memiliki tanggung jawab dan hak yang sama dengan perusahaan lain secara lokal
- Anda dapat mengikuti semua tender di Indonesia selama anda memenuhi persyaratan tender.
- Anda dapat mengajukan pendaftaran produk dan izin usaha.
- Anda dapat mempekerjakan karyawan asing dengan mengajukan permohonan KITAS visa kerja atas nama perusahaan Anda
- Pengunjung dan klien asing anda bisa mendapatkan visa bisnis yang disponsori oleh perusahaan anda.
Anda harus menyelesaikan persiapan perusahaan Indonesia anda sebelum dapat membuka rekening bank. Untuk membukanya, Anda harus menyerahkan surat pernyataan notaris yang menunjukkan jumlah yang akan ditransfer perusahaan.
Pengaturan Perusahaan PT PMA di Indonesia
Proses pembentukan perusahaan di Indonesia untuk PT PMA melibatkan beberapa langkah. Total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya adalah 4 sampai 6 minggu.
- Prosedurnya adalah sebagai berikut:
- Mendapatkan persetujuan nama perusahaan anda di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (1 hari kerja)
- Notaris menyiapkan Anggaran Dasar anda (3 hari kerja).
- Proses penandatanganan dengan Notaris, meliputi akta pendirian, surat pernyataan (1 hari kerja)
- Persetujuan Akta Pendirian oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (3 hari kerja).
- Mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak NPWP (2 hari kerja).
- Surat Keterangan Domisili yang didapat dari kantor distrik setempat kecuali Jakarta (10 hari kerja).
Tahap terakhir melibatkan persetujuan untuk Nomor Induk Berusaha (NIB), Izin Usaha, Izin Komersial/Operasional, Izin Lokasi, Izin Lingkungan dan BPJS. Hal ini dilakukan melalui Sistem Online Single Submission (OSS). Ini membutuhkan waktu 2 hari kerja.
Mengajukan Nomor Induk Berusaha (NIB) Anda
Sebagai bagian dari proses pendirian perusahaan Indonesia, anda memerlukan Akta Pendirian. Ini harus mendapat persetujuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Indonesia. Anda harus menyerahkan dokumen identitas semua pemegang saham, komisaris dan direktur yang terlibat. Jika pemegang saham anda adalah perusahaan, anda harus menyerahkan Akta Pendirian.
Perusahaan PT PMA harus mendaftar dengan modal dasar dan modal disetor minimum tidak kurang dari Rp10.000.000.000. Untuk membuktikan kepada otoritas terkait bahwa anda telah membayar, anda perlu:
- Melakukan setoran di rekening bank perusahaan; atau
- Memberikan Surat Pernyataan Modal yang menyatakan bahwa pemegang saham telah cukup menyediakan dana yang dibutuhkan yang ditandatangani oleh seluruh pemegang saham, direktur dan komisaris.
Anggaran Dasar
Semua pemegang saham harus menandatangani dokumen ini. Penandatanganan harus di hadapan notaris. Jika ada pemegang saham yang tidak dapat menandatangani di hadapan notaris, pemegang saham dapat membuat surat kuasa. Surat kuasa akan bertindak atas nama mereka.
Notaris kemudian akan menyerahkan dokumen tersebut kepada Kemenkumham. Setelah disetujui, anda akan diberikan Akta Pendirian. Jika Anda mengubah sesuatu dalam Anggaran Dasar anda setelah persetujuan Menkumham, anda harus membuat Akta Perubahan. Anda perlu menggunakan jasa notaris lagi untuk menyiapkan Akta Perubahan.
Memilih Nama Bisnis Anda
Pendaftaran perusahaan di Indonesia memiliki formalitas tertentu yang harus dipatuhi. Seperti nama bisnis anda misalnya. Di Indonesia, nama bisnis harus dalam huruf Romawi dan tidak boleh sama seperti nama yang sudah ada yang digunakan oleh perusahaan lain.
Nama bisnis anda tidak boleh bertentangan dengan moralitas dan ketertiban umum. Nama bisnis tidak boleh seperti nama instansi pemerintahan, badan internasional atau negara mana pun. Kecuali memiliki izin untuk melakukannya.
Nama bisnis tidak boleh memiliki rangkaian huruf atau angka yang tidak membentuk kata yang tepat. Setiap nama bisnis harus memiliki minimal 3 kata. Untuk PT PMA, nama bisnis bisa dalam Bahasa Inggris. Anda dapat merujuk ke Panduan Memilih Nama Perusahaan Indonesia Anda untuk informasi lebih lanjut.
Apa yang Terjadi Setelah Pendirian Perusahaan Indonesia?
Anda sudah hampir siap pada titik untuk memulai bisnis. Setelah menyelesaikan pendirian perusahaan Indonesia anda, anda dapat memulai aktivitas berikut:
- Membuka rekening bank anda
- Mempekerjakan karyawan anda
- Membeli properti dan aset
- Berpartisipasi dalam tender
- Mendapatkan ijin bagi karyawan asing
- Mendapatkan ijin usaha jika diperlukan
- Membuat laporan setiap tiga bulan ke BPKM tentang investasi PT PMA anda
Layanan Pendirian Perusahaan 3E Accounting Indonesia
Pengalaman 3E Accounting tidak seperti yang lain. Kami mempekerjakan yang terbaik sehingga kami dapat menyediakan layanan terbaik dengan biaya pendirian perusahaan Indonesia yang bagus. Apakah anda siap untuk mendirikan perusahaan Indonesia anda? Hubungi konsultan kami hari ini dan biarkan kami membantu anda dalam pembentukan perusahaan Indonesia anda karena kami adalah salah satu perusahaan pendirian perusahaan terbaik