This post is also available in: English 简体中文 (Chinese (Simplified))

Pasar Sewa Guna Usaha Komersial Indonesia Sangat Banyak dan Bervariasi

Panduan Sewa Guna Usaha Ruang Kantor IndonesiaKetika Anda memulai bisnis, tentu Anda akan terinspirasi untuk memiliki ruang kantor Anda sendiri, bukan? Nah, ada definisi luas megenai seperti apa kantor di zaman sekarang ini. Ada kantor berlayanan (serviced offices), kantor virtual (virtual offices), ruang kantor bare shell untuk disewa, ruang kerja bersama (co-working spaces), dan kawasan komersial mewah yang bergaya. Sebagai perusahaan start-up, ruang kantor Anda mungkin hanya berupa meja, laptop, dan koneksi internet. Mitra bisnis Anda mungkin juga memilih pengaturan yang serupa. Tapi bagaimana dengan citra perusahaan? Sebagai pemilik bisnis, citra perusahaan sangat penting. Oleh karena itu, panduan penyewaan gedung kantor di Indonesia ini akan sangat berguna untuk menemukan kantor yang sesuai bagi perusahaan Anda di Indonesia.

 

Anda Tahu Kapasitas yang Anda Miliki

Jika berkaitan dengan kapasitas bisnis, Anda harus tahu ruang kantor terbaik yang Anda butuhkan. Bahkan jika Anda masih menebak-nebak tentang hal ini, maka mitra bisnis atau tim Anda dapat memberi tahu tentang kapasitas bisnis Anda saat ini dan seperti apa bayangan kantor di masa depan, katakanlah, lima tahun lagi. Indonesia sedang mereformasi banyak kebijakan bisnis dan kerangka ekonominya untuk menarik investor asing. Oleh karena itu, masuk akal untuk berusaha mendapatkan lokasi kantor yang sesuai dengan sifat bisnis Anda. Kawasan pusat bisnis Indonesia sangat terkonsentrasi di Jakarta. Sebagian besar perusahaan asing mendirikan kantor mereka di sini. Sangat penting sekali untuk menyewa ruang kantor yang dekat dengan berbagai fasilitas. Tidak saja klien akan lebih mudah menghubungi Anda, tetapi karyawan Anda juga akan tinggal lebih lama jika tempat kerja dekat dengan transportasi umum yang dapat diandalkan. Selain itu, ruang kantor Anda harus kondusif dan nyaman untuk mendorong produktivitas. Jika Anda dapat membuat rencana tata ruang kantor yang ideal, itu akan lebih baik lagi untuk mempersempit pilihan Anda.

 

Sewa Guna Usaha Gedung Kantor

banyaknya pilihan ruang kantor yang melimpah di negara ini, Anda mungkin beruntung dengan mendapatkan ruang kantor ideal Anda. Pertama, mari bantu Anda memilah hal-hal penting dalam panduan sewa guna usaha gedung kantor di Indonesia.

 

Tata Letak dan Ruang Kantor

Tidak peduli seberapa modern desain kantor Anda, idealnya kantor harus memiliki area resepsionis, ruang pertemuan, dan apakah Anda menginginkan kebijakan ruang kerja terbuka atau ruang kubikel tradisional untuk setiap karyawan. Idealnya, setiap ruang kerja karyawan memiliki luas antara delapan hingga dua belas meter persegi. Hitunglah luas ruang kerja yang Anda butuhkan dengan hati-hati. Jika sesuai untuk Anda, temukan ruang kantor yang memungkinkan Anda untuk menambah atau mengurangi ukurannya.

 

Anggaran

Selain pembayaran sewa bulanan, Anda mungkin perlu meningkatkan akun Anda untuk tahap awal sewa gedung kantor di Indonesia. Biaya awal yang harus disisihkan termasuk uang muka, dan pekerjaan renovasi, perlengkapan kantor dan perabotan (kemungkinan besar), serta biaya agen properti. Ingatlah bahwa pembayaran sewa akan meningkat maksimal dua puluh persen dari tarif sewa tahun sebelumnya. Diskusikan dengan pemilik apakah kenaikan terjadi saat pembaruan sewa atau setiap tahun.

 

Lokasi

Ini hal yang subjektif untuk sifat bisnis Anda. Jika Anda mencari alamat kantor yang eksklusif dan bermerek, maka pilihan Anda adalah Jakarta Pusat. Tetapi bahkan jika Anda dan karyawan memilih untuk tetap tinggal dalam radius lima kilometer dari kantor, perhatikan kondisi lalu lintas kota. Jika Anda tidak keberatan dengan lokasi dan agak ketat dengan anggaran, Anda bisa mencari lokasi di pinggiran Jakarta atau kota-kota besar lainnya di Indonesia.

 

Kemudahan Akses

Selain alamat dan lokasi kantor, perusahaan harus memenuhi berbagai kapasitas individu untuk mencapai ke depan pintu kantor mereka. Semakin mudah kantor diakses, semakin besar kemungkinan pelanggan akan tertarik untuk berbisnis dengan Anda.

semua hal tersebut, maka Anda bisa mulai pergi berburu ruang kantor. Anda dapat melakukannya sendiri atau melalui agen sewa properti. JIka melakukannya sendiri, Anda mungkin kelelahan hanya dengan melihat-lihat daftar kantor yang tersedia untuk disewa. Jika Anda menyewa jasa agen, mereka dapat melakukan lebih baik dalam waktu lebih singkat. Agen khusus bahkan dapat menegosiasikan persyaratan kontrak untuk Anda dan mendapatkan kesepakatan terbaik untuk anggaran Anda. Kontrak sewa Anda harus berisi hal-hal berikut:
 

Durasi Sewa, Awal Sewa & Kepemilikan

Kontrak harus menyatakan durasi sewa, waktu kapan sewa harus dibayar pada tanggal tertentu, dan jangka kepemilikan. Tanggal kontrol berarti hari Anda masuk ke dalam ruang kantor dan mulai merenovasi sesuai kebutuhan Anda. Tanggal mulai sewa menunjukkan tanggal Anda harus membayar sewa bulanan. Sebagian besar pemilik gedung akan mengabaikan pembayaran sewa selama periode pemasangan karena tidak ada bisnis yang berjalan.
 

Harga Sewa

Idealnya, tarif sewa harus mencakup semua yang ditawarkan gedung. Ini berarti tidak ada biaya tambahan yang perlu Anda bayar untuk memanfaatkan semua layanan yang tersedia. Jika tidak, kontrak harus menyatakan rincian biaya layanan yang tidak termasuk dalam sewa bulanan.
 

Kenaikan Sewa

Apakah pemilik akan menaikkan tarif sewa setiap tahun atau setiap perpanjangan? Cari tahu dan setujui, mana yang masuk akal untuk bisnis Anda

Terakhir, Anda perlu mempertimbangkan profitabilitas bisnis Anda versus kedekatannya dengan kawasan pusat bisnis. Beberapa bisnis yang berkelanjutan menemukan bahwa lokasi tidak diperlukan, sementara yang lain mungkin berpendapat bahwa daerah adalah raja. Semoga panduan sewa guna usaha ruang kantor di Indonesia ini dapat membantu Anda dalam berburu ruang kantor yang terbaik.
 
Panduan Sewa Guna Usaha Ruang Kantor Indonesia