This post is also available in: English 简体中文 (Chinese (Simplified))

Jadilah Profesional dan Tinggalkan Catatan Baik

Bagaimana Menulis Surat Pengunduran Diri di IndonesiaMendapatkan pekerjaan untuk lulusan baru bisa menjadi awal dari fase baru dalam hidup. Ini mengasyikkan dan menegangkan pada saat bersamaan. Tetapi setelah beberapa tahun bekerja dan mendapatkan eksposur dan pengalaman, seseorang akan menginginkan lebih dalam hidup. Maka, mulailah pencarian peluang baru di luar tempat kerja. Di Indonesia, proses perekrutan dan pengunduran diri cukup sederhana namun dengan tantangan yang spesifik. Hukum perburuhan di Indonesia selalu berubah, dan penting untuk memahami hukum dalam bahasa aslinya. Langkah selanjutnya adalah memberi tahu majikan saat ini bahwa anda akan mengundurkan diri ketika kesempatan yang tepat datang. Berikut panduan cara menulis surat pengunduran diri di Indonesia.

 

Kontrak Kerja

Ketika seorang karyawan dipekerjakan untuk bekerja di suatu organisasi, mereka terikat oleh kontrak kerja. Kontrak akan menyatakan klausul pemutusan hubungan kerja untuk karyawan dalam keadaan tertentu. Klausul penghentian juga akan memuat periode pemberitahuan sebagai pengganti karyawan yang ingin mengundurkan diri dari pekerjaannya. Perusahaan harus menyiapkan semua kontrak dalam bahasa Indonesia, dan jika pemberi kerja adalah orang asing, perjanjian dapat dibuat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Selain itu, Undang-Undang Ketenagakerjaan Indonesia mewajibkan atau perusahaan memiliki peraturan internal perusahaan. Majikan dan karyawan harus memahami prinsip-prinsip internal. Karyawan kemungkinan besar akan mengacu pada kontrak kerja saat menulis surat pengunduran diri di Indonesia.

 

Tinggalkan Catatan Baik

Ketika anda memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan saat ini, disarankan untuk menjaga hubungan profesional selama proses pengunduran diri. Sekalipun organisasi saat ini memiliki orang-orang yang paling tidak ramah, masih merupakan praktik yang umum dan masuk akal untuk tidak memutuskan hubungan apa pun. Anda tidak akan pernah tahu apakah, di kemudian hari, anda mungkin bertemu atau bekerja dengan atasan anda sebelumnya di perusahaan lain. Sebagai permulaan, anda perlu memberitahu atasan anda bahwa anda akan mengundurkan diri. Jika anda memilih untuk tidak bertemu langsung dengannya, berikan surat pengunduran diri kepada mereka.

 

Surat Pengunduran Diri

Mari kita membahas cara menulis surat pengunduran diri di Indonesia. Surat pengunduran diri anda bisa dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia jika anda mahir di dalamnya. Karena ini adalah surat resmi, anda harus mulai dengan nama anda, alamat, dan tanggal. Setelah itu, kirimkan surat ke atasan anda dan departemen sumber daya manusia (jika perlu). Anda harus membuat subjek tetap pendek dan langsung. Isi surat pengunduran diri singkat dan lugas. Pastikan untuk mencantumkan tanggal efektif pemberitahuan tersebut. Jika anda dalam masa percobaan, periode pemberitahuan umumnya adalah satu minggu. Jika tidak, periode pemberitahuan adalah tiga puluh hari. Seandainya anda memiliki kenangan indah, tantangan, dan membangun hubungan baik dengan orang-orang di perusahaan, dalam hal ini, surat pengunduran diri anda dapat menyertakan pernyataan terima kasih yang sederhana selama melayani perusahaan. Untuk membuat kesan abadi yang luar biasa untuk terakhir kalinya, akhiri surat dengan harapan terbaik untuk masa depan perusahaan. Terakhir, anda harus menandatangani surat itu dan menyerahkannya kepada atasan anda.

Bagaimana Menulis Surat Pengunduran Diri di Indonesia